19 Maret, 2014


Bacaan: Galatia 2:19-20

Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.- Galatia 2:20


Saya suka menonton acara TV yang programnya seputar 'make over' (mendadani ulang) sesuatu. Misalnya saja “Bedah Rumah”, “Kamar Gue”, dan “Pimp My Ride”. Rasanya menyenangkan sekali melihat sebuah rumah reot, kamar dekil atau mobil butut bisa didaur ulang sedemikian rupa menjadi sesuatu yang sangat indah. Yang lebih menyenangkan adalah karena acara-acara semacam itu biasanya dikemas hanya untuk tayangan setengah jam saja, hingga penontonnya bisa benar-benar menikmati perubahan total hanya dalam waktu sekejap.
Baru saja saya menyaksikan bagaimana sebuah truk butut diperbaiki dan dipoles sehingga menjadi sebuah mobil super keren dengan fasilitas limosin. Mesin mobil yang sudah rongsokan diganti dengan mesin baru bertenaga 550 kuda. Catnya diganti dengan polesan model terbaru. Dashboard dan joknya diganti total. Belum lagi tambahan televisi 6 layar serta berbagai fasilitas lainnya yang serba mewah dan siap memanjakan pemiliknya. Rasanya hampir tidak bisa dipercaya bahwa semula itu adalah sebuah mobil tua yang sudah butut.
Hasil maksimal seperti itu bisa diperoleh karena si pemilik mobil berani memberikan hak secara total kepada host acara itu untuk merombak mobilnya sesuka mereka. Tentu saja si perombak mobil adalah team yang memiliki keahlian dalam bidang khusus semacam itu, sehingga hasil akhirnya pun tidak pernah mengecewakan.
Demikian halnya dengan kehidupan kita seandainya kita mengijinkan Tuhan merombak kita secara total. Pada waktu kita lahir baru, ada sesuatu yang paling esensial terjadi dalam diri kita yaitu Kristus yang hadir dalam hati kita. Namun itu barulah sebuah awal. Perombakan total tidak akan pernah terjadi bila kita tidak memberi-Nya wewenang untuk mengubah pikiran, sikap hidup, perkataan dan seluruh aspek kehidupan kita. Hanya jika kita rela dirombak total, hidup kita akan indah di pemandangan-Nya. Siapkah Anda dimake over?
Perombakan hidup secara total hanya akan terjadi jikakita memberi wewenang kepada Tuhan untuk berkarya secara total dalam hidup kita.

2 komentar :

  1. Mantap min.
    Kapan Up lagi web nya ini?
    Terakhir setahu ku ga pernah diupdate lagi sejak 14 Oktober.
    Pas kucek sekarang ternyata Up lagi.
    thanks gan.
    :D

    BalasHapus
  2. Saya sudah mengikuti website anda. saya sangat bersyukur anda membuat renungan ini. sudah banyak perubahan dalam hidup saya. Kiranya Tuhan elalu menyertaimu dan menjadi berkat bagi banyak orang. GBU :D

    BalasHapus