29 Agustus, 2013



Bacaan: Galatia 5:22-26

Tetapi buah Roh ialah : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan ... - Galatia 5:22

Membangun sebuah tim yang solid memang bukan hal yang mudah. Itu berarti kita harus menyatukan visi, misi, dan tujuan secara bersama-sama dengan latar belakang kita yang masing-masing berbeda. Tak heran kalau dalam sebuah tim ada kalanya diwarnai dengan konflik. Tak ada tim yang tanpa konflik, kalaupun ada itu adalah tim yang sudah mati! Dan menurut hemat saya, sebuah konflik tak kan bisa dihindarkan. Konflik dalam tim memang bukan dihindari, tapi untuk dibicarakan bersama dan dicari jalan keluarnya tanpa harus mengorbankan kebersamaan dalam tim itu.

Mengharapkan sebuah tim tanpa pernah mengalami konflik adalah sama seperti kita mengharapkan hubungan suami istri tanpa pernah ada keributan sekecil apapun juga. Bukankah dalam sebuah kehidupan rumah tangga, sekalipun kita tak menginginkan adanya keributan dan perselisihan, toh kita tetap mengalaminya juga? Demikian ini berlaku dalam sebuah tim. Konflik dalam sebuah tim adalah hal yang biasa jika dalam tahap-tahap yang wajar, namun akan menjadi tidak wajar kalau konflik itu tidak terselesaikan dan muncul konflik-konflik berikutnya yang semakin menggoncangkan kebersamaan tim tersebut.

Tujuan saya berbicara tentang hal ini hanya satu, yaitu supaya kita jangan kaget atau merasa frustasi kalau melihat tim kita sedang mengalami konflik. Itu bukan indikasi kalau tim kita sedang sakit parah dan hampir bubar. Yang paling penting adalah bagaimana kita mengatasi konflik itu dan mempertahankan keutuhan tim, bahkan dengan adanya konflik itu maka tim kita akan semakin memahami satu dengan yang lain dan makin solid saja.

Tidak ada konflik yang tak bisa diselesaikan, selama kita ijinkan kasih bekerja di tengah-tengah kita. Biarkan damai sejahtera Allah yang mengontrol hidup kita. Miliki cukup kesabaran menghadapi orang-orang yang berbeda latar belakang atau pandangan dalam satu tim. Pancarkan kebaikan. Pertahankanlah kebersamaan dengan kesetiaan, walau sedang mengalami konflik. Dan yang terakhir, usahakanlah agar kita memiliki pengendalian diri sehingga kita tak melakukan sesuatu yang akhirnya merusak kebersamaan. Selama kita memiliki semangat tim, sebuah konflik tak akan bisa menghancurkan tim.

Pastikan Anda mengembangkan buah Roh jika saat ini Anda sedang mengalami konflik dengan rekan dalam satu tim Anda.

0 komentar :

Posting Komentar