04 Mei, 2014


Bacaan: Yohanes 1:40-42Ia membawanya kepada Yesus.- Yohanes 1:42

Orang hebat tak harus memiliki nama yang terkenal di dunia. Banyak orang hebat   yang namanya tak diketahui dan catatan tentang dirinya juga tidak banyak. Meski   ia tidak pernah mendapat medali atau menerima penghargaan, dan meski wajahnya   tidak pernah dijepret wartawan untuk dipublikasikan, sepak terjangnya patut dihargai   dan diacungi jempol.
Nama Andreas hanya muncul beberapa kali dalam Alkitab. Ia bukan pembicara utama     pada hari Pentakosta. Ia bukan seorang penginjil yang spektakuler. Catatan-catatan     tentang dirinya begitu sedikit, tetapi itu bukan berarti ia tidak membawa pengaruh     apa-apa. Bukankah Andreas lah yang membawa Petrus kepada Yesus? Seandainya Andreas     tidak siap siaga, kita tidak akan pernah mendengar nama Petrus dan Petrus mungkin     akan tetap menghabiskan hidupnya sebagai nelayan saja. Mau contoh lagi? Siapa     yang tahu nama anak kecil yang memberikan lima roti dan dua ikan untuk dibagi-bagikan     kepada lima ribu orang? Anak itu sama sekali tidak populer, namun meski tidak     populer bukan berarti ia tidak hebat!
Meski kita tidak begitu kenal siapa Anne Sullivan, tetapi usahanya mendidik     seorang Hellen Keler yang buta tuli itu membuat kita salut. Menurut saya, Anne     Sullivan tak kalah hebat dibandingkan dengan Hellen Keler yang sangat terkenal     itu. Masih ada banyak orang hebat yang tak diketahui namanya. Siapa guru Billy     Graham? Siapa yang membesarkan nama DL Moody? Siapa yang menyulut dan mengobarkan     Evan Roberts menjadi begitu bergairah sehingga ia membawa api untuk terjadinya     kebangunan rohani di Wales? Siapa yang mengajar Ibu Theresa tentang kasih?
Menjadi hebat tak harus terkenal! Tak juga harus punya nama yang sudah tenar.     Jadilah ayah hebat, lewat didikan Anda munculah seseorang yang akan menggocangkan     dunia. Jadilah ibu hebat, lewat rahim Anda lahir orang besar di kelak kemudian     hari. Jadilah pemimpin rohani hebat, meski Anda tidak terkenal tapi bukankah     menjadi kebanggaan tersendiri ketika melihat anak rohani Anda membawa kebangunan     rohani yang dahsyat? Jadilah orang Kristen yang hebat. Orang hebat tak selalu     harus terkenal, meski nama Anda tidak dikenal, dunia bisa mengenal Kristus saat     melihat Anda!
Menjadi hebat tak harus terkenal!

1 komentar :