03 Maret, 2014


Bacaan: Kisah 20:35

Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.- Kisah 20:35


Relawan atau orang yang dengan ikhlas dan senang hati melakukan upaya untuk menolong sesama tanpa mengharapkan balasan atau imbalan, biasanya banyak kita jumpai ketika terjadi bencana alam, musibah kecelakaan atau wabah penyakit di suatu daerah. Para relawan mengorbankan waktu, tenaga, dan uang untuk melakukan usahanya menolong sesama. Tak jarang mereka harus meninggalkan pekerjaannya sementara waktu, menempuh perjalanan jauh atas biaya sendiri, mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk memberikan sumbangan, melepas kenyamanan sebagai direktur menjadi kuli yang mengangkat karung sembako, galon air, dsb. Pernahkah terbersit dalam benak kita, mengapa mereka mau melakukan semuanya itu?
Pernahkah kamu mencoba menjadi seorang relawan? Kalo kamu pernah melakukannya, tentu kamu bisa memahami alasan mereka. Saat kita bisa berbuat sesuatu untuk menolong sesama, ada kebahagiaan tersendiri yang muncul dalam hati kita. Melihat senyum kebahagiaan orang yang ditolong sudah menjadi upah yang lebih dari cukup bagi para relawan. Kalo biasanya kita selalu menerima upah berwujud rupiah dari hasil tenaga dan pikiran kita, cobalah sesekali untuk memberikannya secara gratis kepada orang lain yang membutuhkan. Meskipun menjadi relawan adalah kegiatan yang enggak menguntungkan sama sekali secara finansial, namun manfaatnya bagi orang lain maupun diri kita sendiri sangatlah besar.
Pengen nyoba? Enggak harus menunggu bencana alam terjadi kok! Kita bisa melakukan usaha sederhana apa saja untuk memulainya. Membuat gerakan donor darah, membuat kegiatan belajar kelompok untuk anak-anak di kampung, memberi penyuluhan untuk ibu-ibu PKK, menggalang dana bagi panti asuhan, dsb. Yang penting kita melakukannya karena kita ingin berbagi kebahagiaan dengan sesama. Bukankah Kristus sendiri menjadi relawan sepanjang hidup-Nya? Kenapa kita enggak?

0 komentar :

Posting Komentar