27 Maret, 2014


Bacaan: Markus 1:40-45

Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. - Markus 1:42


Penyakita kusta adalah penyakit yang sangat mengerikan sekaligus menjijikan pada jaman dulu, sama mengerikannya dengan penyakit AIDS pada jaman ini. Penyakit kusta menghasikan baksil yang akan mematikan sel-sel syaraf, sehingga mereka akan kehilangan anggota tubuhnya, biasanya jari-jari tangan atau kakinya, tanpa rasa sakit sedikitpun! Bahkan mereka seringkali tidak menyadari kalau ada anggota tubuhnya tiba-tiba hilang begitu saja.
Saya menggambarkan dosa itu seperti baksil kusta yang mematikan “sel-sel roh” kita. Semakin kita membiarkan baksil dosa itu menyebar luas dalam hidup kita, semakin mati juga kepekaan kita akan Tuhan dan hal-hal yang rohani. Kita berbuat dosa, tapi kita tidak menyesal, tidak merasa bersalah bahkan menganggap bahwa dosa tersebut sebagai hal yang biasa dan wajar. Jika dosa semakin menebal, lama kelamaan ada begitu banyak bagian hidup kita yang hilang, konyolnya, kita bahkan tidak pernah menyadarinya! Kita kehilangan Allah, kita kehilangan keluarga dan orang-orang yang dekat dengan kita, bahkan kita kehilangan hidup atas diri kita sendiri.
Jika benar kita mengidap kusta rohani, ijinkan Tuhan mentahirkan hidup kita. Biarkan Dia menyucikan kita dari baksil-baksil dosa dan menghidupkan kembali sel-sel rohani kita. Sehingga ketika kita hendak berbuat dosa, Roh Kudus lebih dulu memberikan sinyal, tanda berupa alarm yang mendenging dalam hati kita, dan kepekaan bahwa hal tersebut tidak boleh kita lakukan. Jika kita mau bertobat dari dosa, kabar baiknya adalah apa yang dahulu hilang akan dikembalikan lagi kepada kita. Hubungan kita dengan Tuhan akan dipulihkan. Hubungan kita di dalam keluarga akan dipulihkan. Bahkan ada harapan baru dalam hidup kita. Kebutuhan kita untuk mengalami pemulihan hidup dari Tuhan sama persis seperti kebutuhan orang sakit kusta untuk ditahirkan! Tidak ada yang lebih mengerikan dibandingkan dengan orang yang hidup di dalam dosa, jadi ijinkan Tuhan mentahirkan hidup kita sekarang juga.
Baksil-baksil dosa mematikan sel-sel roh kita, sama mengerikannya dengan penyakit kusta.

0 komentar :

Posting Komentar