16 Maret, 2014


Bacaan: Efesus 3:14-21

Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, ...- Efesus 3:20


Beberapa waktu yang lalu saya menambah satu lagi perangkat komputer untuk memperlancar kinerja penerbitan. Pihak toko sudah mempersiapkan perangkat komputer tersebut sesuai dengan spesifikasi seperti yang saya kehendaki. Hanya saja karena satu hal, ada satu jenis komponen yang kosong, maka mereka bertanya, "Apakah boleh kami menggantinya dengan komponen serupa yang lainnya." Ketika saya mengiyakan maka pihak toko mengirimkan komponen serupa dengan spesifikasi yang lebih bagus dari yang saya pesan, dengan harga yang sama! Saya menyadari bahwa toko tersebut membuat peraturan bahwa jika ia tidak bisa memberikan barang yang dipesan, maka ia akan menggantikannya dengan barang yang lebih baik.
Kisah sederhana tersebut sebenarnya bisa menjadi gambaran bagaimana kita berdoa kepada Tuhan. Saat kita berdoa kepada Tuhan, barangkali kita perlu memiliki sikap bahwa kita mau menerima pengganti dari-Nya. Sebab setiap kali Tuhan menggantikannya, Dia pasti mengirimkan sesuatu yang jauh lebih baik daripada yang kita minta atau kita doakan. Ingatlah, bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi kita.
Hanya saja kadangkala kita memiliki cara pandang yang sempit dan keliru. Pada saat apa yang kita minta belum dijawab, kita menjadi frustasi, putus asa, bahkan mulai meragukan Tuhan. Padahal sebenarnya penundaan yang terjadi itu adalah insiatif Tuhan untuk memberikan yang terbaik kepada kita. Pengalaman saya membeli rumah juga menunjukkan kalau Tuhan mengganti, Dia selalu memberikan yang lebih baik dari yang kita minta. Saya mendoakan sebuah rumah yang luasnya hanya 72 m2, dan ternyata gagal transaksi. Di lain kesempatan, saya mendoakan rumah yang lebih luas yaitu 90 m2. Saya begitu bersemangat untuk rumah yang lebih besar ini, namun begitu kecewanya ketika juga gagal. Tapi sekarang saya bersyukur untuk kegagalan-kegagalan tersebut sebab ternyata penundaan yang Dia lakukan adalah untuk memberikan rumah yang lebih baik kepada saya, sebab rumah yang saya dapatkan adalah 160 m2!
Kalau Tuhan mengganti, Dia selalu mengirimkan yang lebih baik dari yang kita minta!

0 komentar :

Posting Komentar