19 April, 2014


Bacaan: Matius 9:35-38

Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.- Matius 9:37


Adolf Harnack dari The Mission an Expansion of the Christianity berkata, “Kita harus menyadari bahwa misi terbesar dari kekristenan dalam kenyataannya diselesaikan melalui para penginjil yang menginjil secara informal (tidak resmi).” Dapatkah kita melihat kebenaran dalam pernyataan tersebut? Hari-hari ini kita melihat kenyataan bahwa banyak jiwa dimenangkan bukan dari badan penginjilan atau dari para misionaris, justru banyak jiwa dibawa kepada Kristus oleh orang Kristen yang notabene jemaat biasa. Meski mereka bukan seorang misionaris, tapi mereka memiliki hati misi yang dipenuhi dengan belas kasihan terhadap jiwa-jiwa yang perlu diselamatkan.
Jika setiap orang Kristen tidak mau mengambil tanggung jawab untuk memberitakan kasih Kristus, sebaliknya hanya mempercayakan tugas penginjilan kepada para penginjil atau para pelayan Tuhan saja, bisa dipastikan pertumbuhan kekristenan akan menjadi sangat lambat. Mengapa? Karena jumlah pekerja telalu sedikit untuk tuaian yang sedemikian banyak (Matius 9:37). Dibutuhkan pekerja-pekerja Kristus yang lebih banyak lagi untuk membawa dunia ini kepada Yesus. Selain itu, ada orang-orang tertentu yang lebih mudah dijangkau oleh orang Kristen biasa, dibandingkan oleh penginjil atau pendeta.
Menginjil tanpa jadi penginjil. Untuk menginjil kita tidak harus menjadi misionaris atau rohaniwan. Mungkin ini adalah konsep yang bagus untuk penginjilan masa kini. Kita bisa berfungsi sebagai pelayan Injil di tengah-tengah komunitas kita masing-masing. Kita bisa menghadirkan Injil atau menghadirkan Yesus di dalam pekerjaan kita masing-masing. Setelah mereka melihat kehidupan kita yang berbeda, Injil akan lebih mudah diterima oleh mereka. Jangan pernah lupa bahwa penginjilan adalah panggilan bagi semua orang percaya. Memang tidak semua orang Kristen dipanggil menjadi misionaris, tetapi semua orang percaya menerima tanggung jawab untuk menjadi saksi Kristus. Hari ini, pastikan setiap orang menjadi lebih baik setelah berjumpa dengan kita. Marilah kita mewarnai dunia dengan kasih Kristus dan membawa mereka kepada Kristus.
Untuk menginjil tidak harus jadi penginjil.

0 komentar :

Posting Komentar